Ciri Ciri Amiloplas Yang Dapat Anda Ketahui

Amiloplas adalah sebuah organisme yang biasanya ditemui dalam sel tanaman. Amyloplast adalah plastida yang memproduksi dan menyimpan pati dalam kompartemen membran bagian dalam. Organ ini bisa  didapatkan pada jaringan tanaman vegetatif, seperti umbi (kentang) dan umbi. Amyloplast juga dianggap terlibat dalam deteksi gravitasi dan membantu akar tanaman untuk tumbuh.

Ciri Ciri Amiloplas Yang Dapat Anda Ketahui
Ciri Ciri Amiloplas Yang Dapat Anda Ketahui


Ciri Ciri Amiloplas.

Amyloplast bertanggung jawab untuk semua sintesis pati pada tanaman. Amiloplas memiliki karakteristik:


  1. Ini ditemukan dalam jaringan parenkim tanaman yang membentuk lapisan luar dan dalam batang dan akar; lapisan tengah daun; dan jaringan lunak di buah-buahan.
  2. Mereka adalah plastida yang kehilangan warna.
  3. Ini ditemukan dalam jaringan yang tidak menjalani fotosintesis, seperti akar atau endosperma benih. Amiloplast juga ada dalam tipe sel khusus di ujung akar; Collu-nick cell
  4. Amyloplast berkembang dari proplastido dan dibagi dengan proses pembelahan biner. Amiloplas yang matang menghasilkan membran internal yang menciptakan kompartemen untuk penyimpanan pati.
  5. Ukuran amiloplast tergantung pada jumlah pati yang disimpan. Pati merupakan polimer glukosa yang ada dalam dua bentuk: amilopektin dan amilosa.
  6. Butiran pati tersusun dari molekul amilopektin dan amilosa yang tersusun sempurna. Ukuran dan jumlah pati yang mengandung amyloplast bervariasi sesuai dengan spesies tanaman. Beberapa mengandung butiran bola individu, sementara yang lain mengandung banyak butiran kecil.

0 comments